Wednesday, December 29, 2010

Pembekalan HIPNOPARENTING di TK Aisyiyah 02 Pati

Pati, 25 Desember 2010

Antusiasme orang tua dan guru untuk menggunakan teknik Hipnoterapi dalam mendidik anak semakin meningkat. Hal tersebut ditunjukkan pada pembekalan HIPNOPARENTING di TK Aisyiyah 02 Pati yang diikuti oleh guru dan wali murid. Acara yang dilaksanakan di pagi hari yang cerah, tepatnya hari Sabtu, 25 Desember 2010 diikuti kurang lebih 30 peserta.

Pada kesempatan tersebut, pembicara (Bp. Akhmad Rizqul Karim, SP., M.Sc. CH.) yang dibantu oleh asisten sekaligus istri tercintanya (Sdri. Nanik Mardiana) menyampaikan sedikit pengantar tentang Hipnoterapi yang disertai aplikasi kepada seluruh peserta. Selain itu, peserta juga dibekali sedikit tentang materi Hipnoparenting. Selama kurang lebih 2,5 jam, materi dapat disampaikan dengan tuntas.


Pada bagian pertama, peserta diberikan konsep tentang pikiran sadar dan pikiran bawah sadar manusia. Pikiran sadar manusia hanya memiliki kontribusi sekitar 12 persen terhadap kesuksesan manusia. Sedangkan sisanya sebesar 88 persen adalah kontribusi pikiran bawah sadar manusia terhadap kesuksesan manusia. Pada pikiran sadar terletak sifat-sifat: analitis, rasional, short memory dan will power. Sedangkan pada pikiran bawah sadar terletak potensi yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Namun terkadang, potensi manusia tersebut dihalangi oleh pikiran sadar tersebut sehingga potensi tersebut tidak dapat terealisasi dengan baik di dunia nyata.

Bagian kedua, peserta diberikan aplikasi Hipnoterapi sehingga peserta mengetahui keadaan atau perasaan ketika memasuki kondisi hipnos dan masuknya sugesti. Peserta dibawa ke kondisi relaksasi terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan pemasukan sugesti positif mengenai semangat juang pantang menyerah dalam mendidik anak-anaknya. Dalam sugesti tersebut juga dimasukkan sugesti tentang kesabaran dalam mendidik anak-anak dan penyadaran diri bahwa semua yang dilakukan untuk mendidik anak adalah ibadah mencari Ridho Allah SWT. Selesai bagian kedua, peserta terlihat semakin cerah dan semakin bersemangat. Tampak kecerahan meliputi wajah peserta tersebut.

Bagian ketiga diisi tentang pengenalan hipnoparenting. Materi yang disampaikan tersebut tidak terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan seharusnya materi Hipnoparenting seharusnya disampaikan pada sesi tersendiri. Pada pembekalan materi hipnoparenting, peserta dikenalkan pada Critical Factor dan tahapan perkembangan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar pada anak. Selain itu, dikenalkan juga tahapan Hipnoparenting pada anak.

Karena keterbatasan waktu pada sesi tersebut tidak disertakan praktik hipnoparenting. Namun demikian, diharapkan pada kesempatan berikutnya akan diadakan kembali pembekalan yang khusus membahas tentang Hipnoparenting disertai dengan praktik kepada anak-anak. Semua ditujukan agar pola pendidikan anak Indonesia dapat lebih baik dan fokus dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang baik, perkepribadian mantab dan takwa kepada Allah SWT.

No comments:

Post a Comment